Daluti Delimanugari: Pengembangan Desain Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal dan Pendidikan Akhlak untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SD/MI

Pada hari Jumat, 16 Januari 2025, telah dilaksanakan Ujian Komprehensif bagi mahasiswa Program Doktor (S3) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Ujian ini merupakan tahapan penting dalam menyelesaikan studi doktoral yang menguji pemahaman akademik mahasiswa terhadap bidang kajiannya.

Detail Ujian:

  • Ketua Sidang: Dr. Ibrahim, M.Pd

  • Penguji I: Dr. Siti Fatonah, M.Pd.

  • Penguji II/Pembimbing: Prof. Dr. Suyadi, M.A.

  • Judul Disertasi: Pengembangan Desain Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal dan Pendidikan Akhlak untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SD/MI

Dalam ujian ini, Daluti Delimanugari memaparkan hasil penelitian yang berfokus pada pengembangan desain pembelajaran IPA yang mengintegrasikan kearifan lokal dan pendidikan akhlak. Kajian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah melalui pendekatan yang lebih kontekstual dan berbasis nilai-nilai kearifan setempat.

Tim penguji memberikan berbagai pertanyaan serta masukan yang konstruktif guna memperdalam analisis dan memperkaya penelitian yang dilakukan. Setelah sesi tanya jawab dan diskusi yang berlangsung selama satu jam, mahasiswa dinyatakan telah menyelesaikan salah satu tahapan penting dalam studinya.

Diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dan berorientasi pada peningkatan literasi sains serta pembentukan karakter peserta didik.