Nazliati Jalani Ujian Komprehensif dengan Kajian Integrasi Etnomatematika Berbasis Budaya Aceh dalam Literasi Numerasi Siswa SD

Yogyakarta, 6 Februari 2025– Program Studi S3 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga kembali menggelar ujian komprehensif bagi salah satu mahasiswanya, Nazliati. Ujian ini menjadi salah satu tahapan penting dalam perjalanan akademik mahasiswa doktoral untuk menguji pemahaman dan kedalaman kajian ilmiah yang dilakukan.

Nazliati mengangkat topik “Integrasi Etnomatematika Berbasis Budaya Aceh dalam Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar,” sebuah kajian yang berfokus pada penerapan unsur budaya lokal dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar. Dalam ujiannya, Nazliati menjelaskan bagaimana pendekatan etnomatematika dapat meningkatkan literasi numerasi siswa dengan mengaitkan konsep matematika dengan budaya masyarakat Aceh.

Ujian komprehensif ini dipimpin oleh tim penguji yang terdiri dari Ketua Tim Dr. Sintha Sih Dewanti, M. Pd. Si, serta dua penguji lainnya, yaitu Prof. Dr. Ibrahim, M. Pd sebagai Penguji I dan Prof. Dr. Istiningsih, M. Pd sebagai Penguji II. Para penguji memberikan pertanyaan kritis dan masukan yang konstruktif untuk memperkaya perspektif penelitian yang dilakukan oleh Nazliati.

Dengan terselenggaranya ujian komprehensif ini, diharapkan Nazliati dapat melanjutkan penelitiannya dengan lebih mendalam serta memberikan kontribusi yang signifikan dalam bidang pendidikan matematika berbasis budaya. Keberhasilan dalam ujian ini juga menjadi langkah penting menuju tahap berikutnya dalam penyelesaian studi doktoralnya di S3 PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga.