Ujian Proposal Disertasi: Nazliati Tawarkan Model Baru Tingkatkan Literasi Numerasi di SD

Program Studi Doktor Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga kembali menyelenggarakan ujian proposal disertasi bagi salah satu mahasiswi Program Doktor, Nazliati (NIM: 23304881021).

Dengan judul proposal disertasi "Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Nilai Islam untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar", Nazliati menawarkan sebuah pendekatan baru yang mengintegrasikan nilai-nilai keislaman ke dalam pembelajaran numerasi. Model ini diharapkan mampu menjawab tantangan rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa yang selama ini menjadi perhatian nasional.

Menurut Nazliati, literasi numerasi di SD tidak cukup hanya mengandalkan kemampuan menghitung, tetapi juga perlu ditanamkan melalui pendekatan bermakna yang relevan dengan kehidupan sehari-hari dan nilai-nilai agama.

“Saya meyakini bahwa penguatan nilai-nilai spiritual dalam pembelajaran matematika dasar dapat menjadi jembatan bagi siswa untuk lebih memahami, menghayati, dan menerapkan numerasi dalam kehidupan mereka,” ungkapnya dalam presentasi.

Para penguji memberikan apresiasi atas gagasan yang segar dan relevan, serta masukan konstruktif untuk penyempurnaan rancangan penelitian, termasuk pada aspek instrumen, validitas model, dan strategi uji efektivitas.

Ketua Prodi S3 PGMI, Prof. Dr. Maemonah, M.Ag, menyampaikan bahwa topik disertasi ini sejalan dengan visi program studi dalam menghasilkan karya ilmiah yang berdampak langsung pada penguatan pendidikan dasar Islam.

“Kami sangat mendukung riset-riset inovatif yang tidak hanya kuat secara akademik, tapi juga kontekstual dengan kebutuhan pendidikan nasional dan nilai-nilai Islam,” ujarnya.

Dengan lolosnya ujian proposal ini, Nazliati secara resmi memasuki tahap penelitian lapangan. Hasil akhirnya diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pembaruan strategi pembelajaran numerasi di tingkat sekolah dasar, khususnya di madrasah.