Dosen

Profil Istiningsih

Nama : Prof. Dr. Istiningsih, M.Pd.
Program Studi : S2 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Jenis Pegawai | Status : Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar
Jabatan Akademik | Golongan : Guru Besar | IV/C
Email :
Pendidikan Terakhir : S3

Kelas Mata Kuliah Yang Diampu Oleh Prof. Dr. Istiningsih, M.Pd. Di Semester Genap TA 2024/2025
Belum Ada Kelas.

No. Jenjang Perguruan Tinggi Jurusan Gelar Akademik Tahun Lulus
1. S3 Universitas Negeri Yogyakarta Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan - 2008
2. S2 Universitas Negeri Yogyakarta Pendidikan Luas Sekolah M.Pd. 2006
3. S1 Universitas Tidar Magelang Pendidikan Bahasa Inggris Dr. -

# TAHUN KARYA
Book Chapter
1 2021 SDGs (Sustainable Development Goals) . Tingkat Nasional.
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43226/
Buku Referensi
2 2020 KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN BERBASIS SOSIOLOGI dalam KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN BERBASIS SOSIOLOGI . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh CV. Grafika Indah .
http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41021
3 2020 " “Integrasi Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (PPB) dalam Pendidikan Guru Di Asia Tenggara: Sebuah Panduan Bagi Pendidik”. " . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh CV. Grafika Indah Yogyakarta, Cetakan I, 2020, 180 halaman .
http://digilib.uin-suka.ac.id/39555
4 2020 " ”Model Pendidikan Profesi Guru Fungsional dan Klinik Pendidikan (Dari Dasar Filosofis – Implementatif) Edisi Revisi " . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Grafika Indah Yogyakarta, Cetakan I, 2020, 48 halaman .
http://digilib.uin-suka.ac.id/39485
5 2018 Study Islam: Tinjauan Study Islam dari Berbagai Aspek Ilmu Pengetahuan . Diterbitkan oleh Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
6 2017 New Paradigm in Learning: Learning Based on Object Issues Competency-Based Curriculum Evaluation Process (orang pertama dari 2 orang) . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
http://digilib.uin-suka.ac.id/39556
7 2017 Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Kehidupan Nyata (orang kedua dari 2 orang) . Diterbitkan oleh Suluh Media Yogyakarta.
8 2016 Teacher’s Profession Education and Educational Clinic: A Recommendation An Education Model Which is Capable of Developing Teachers’ Competence (Part 1) (Penulis Tunggal) . Diterbitkan oleh Createspace Independent Publishing Platform P.O. Box 5934, New York, NY 10016, United States.
http://digilib.uin-suka.ac.id/32703
Conference Paper
9 2020 " The Teaching of Ki Hadjar Dewantara in Improving the Character of Elementary School Students in the Revolution of Industry 4.0 Era. " . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Atlantis Press .
https://www.atlantis-press.com/proceedings/iceri-19/12593406...
10 2019 " The Role of Teachers and Parenting Style on Students’ Character Formation in MIN 2 Sleman. " . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh oleh PGMI Press UIN SUKA, Cetakan I, November 2019 .
https://www.academia.edu/41589108/PROSIDING_THE_1_ST_ANNUAL_...
11 2015 Character Education Philosophy . Tingkat Internasional. Pada International Conference on Character Education. Diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sultan Abdurrahman Riau bekerjasama dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM).
http://digilib.uin-suka.ac.id/39557
Jurnal Ilmiah
12 2024 CW+R Curriculum in the Era of Education 4.0: Trials on the Doctoral Program for Primary School Teacher Education Sunan Kalijaga State Islamic University Yogyakarta . Tingkat Internasional.
https://ijor.co.uk/ijor/article/view/5397
13 2021 Impact of ICT Integration on the Development of Vocational High School Teacher TPACK in the Digital Age 4.0 . Tingkat Internasional Bereputasi.
http://pegawai.uin-suka.ac.id/karya_pegawai/file/publikasi/a...
14 2021 Kepemimpinan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/1084/673
15 2021 Strategi Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 PAUD (Studi Kasus di TK Annur di Maguwoharjo Sleman Yogyakarta) . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/8...
16 2021 Planning of PAUD Learning with STEAM (Science, Technology, Art, and Math) Approach . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijeces/article/vie...
17 2021 Effect of Information and Communication Technology to Improve Vocational Skills of Students of UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://cendekia.soloclcs.org/index.php/cendekia/article/vie...
18 2021 An Among-Based Mentoring Model for Vocational Schools in Yogyakarta and Its Social Impact . Tingkat Internasional Bereputasi.
https://jsser.org/index.php/jsser/article/view/3505/521
19 2021 Discovering learning model analysis to improve learning results of social science for elementary school . Tingkat Internasional Bereputasi.
https://ilkogretim-online.org/fulltext/33333.pdf?1642471534
20 2021 Model Kepemimpinan Transformatif dalam Mengembangkan Pola Kepemimpinan Madrasah . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://staidarussalamlampung.ac.id/ejournal/index.php/assal...
21 2021 Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Madrasah Sendangsari Pajangan Bantul . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/je/article/view/1071...
22 2020 Entrepreneurship Learning Model to Improve the Competence of Vocational Students at the Islamic University of Indonesia . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://journal.uinsi.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/...
23 2020 Implementasi Kurikulum 2013 di TK Annur III Yogyakarta . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/artic...
24 2020 The Implementation of Situational Accompaniment dalam The Implementation of Situational Accompaniment. Tingkat Internasional Bereputasi. Diterbitkan oleh IISTE.
https://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/54...
25 2020 Development of Augmented Reality (Ar) Learning Media of Natural Science Subject on Subject Matter of Water Cycle for MI Grade V Students dalam Development of Augmented Reality (Ar) Learning Media of Natural Science Subject on Subject Matter of Water Cycle for MI Grade V Students . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang.
http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/issue/view/521
26 2020 " Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman kanak-Kanak. " . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh diterbitkan Program Studi PG-PAUD FIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau..
https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/508/pdf
27 2020 " The concept of Elective-Coordinative Curriculum Model In Level of Bachelor Degree at Department of Education Teacher Madrasah Ibtidaiyah in Indonesia. " . Tingkat Internasional Bereputasi. Pada International Journal of Scientific & Technology Research (IJSTR). Diselenggarakan oleh diterbitkan oleh IJSTR. Diterbitkan oleh diterbitkan oleh IJSTR.
http://www.ijstr.org/final-print/jan2020/The-Concept-Of-Elec...
28 2019 " Tarbiyah Analysis in Life: Historical Approach and Curriculum Development. " . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Universitas Ahmad Dahlan and IAES Indonesia Section.
http://journal.uad.ac.id/index.php/EduLearn/article/view/133...
29 2018 The Performance of Indonesia Citizen Character and its Contributors of Senior High School Students in Sleman Yogyakarta Indonesia dalam IJET. Tingkat Internasional. Diterbitkan oleh Science Publishing Corporation.
http://digilib.uin-suka.ac.id/32641
30 2017 Kontribusi Lingkungan Keluarga dalam Membangun Perilaku Seksual Anak Usia Dasar dalam Al-Bidayah. Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Program Studi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yk.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/albidayah
31 2017 The Analysis of Material Presentation and Assessment of Thematic Learning At State 1 Primary School Sleman Yogyakarta dalam IOSR Journals. Tingkat Internasional. Diterbitkan oleh IOSR-JHSS.
http://www.iosrjournals.org
http://digilib.uin-suka.ac.id/32650
32 2017 Developing Character Education Grounded on Abk (Attitude Before Knowledge) Model for Kindergarten at Raudlatul Athfal State Islamic University Sunan Kalijaga Indonesia dalam IOSR Journals. Tingkat Internasional. Diterbitkan oleh IOSR-JRME.
http://www.iosrjournals.org
http://digilib.uin-suka.ac.id/25328
33 2017 Bullying In The State Islamic Senior High School (MAN) III Yogyakarta dalam IOSR Journals. Tingkat Internasional. Diterbitkan oleh IOSR-JRME.
http://www.iosrjournals.org
http://digilib.uin-suka.ac.id/32652
34 2016 Among Based Mentoring for Teachers (Study in Madrasah Ibtidaiyah Wonosobo Gunung Kidul Yogyakarta Indonesia). dalam IOSR Journals. Tingkat Internasional. Diterbitkan oleh IOSR-JRME.
http://www.iosrjournals.org/iosr-jrme/papers/Vol-6%20Issue-1...
http://digilib.uin-suka.ac.id/25324
35 2016 Prepareness of Elementary School’s Teacher To A New Learning Paradigm dalam Srijarem. Tingkat Internasional. Diterbitkan oleh Srijarem.
36 2016 Character Education of the Most Developed Countries in ASEAN dalam Journal of Education and e-Learning Research. Tingkat Internasional. Diterbitkan oleh Scientific Publishing Group SDN BHD.
http://asianonlinejournals.com/index.php/JEELR
http://www.asianonlinejournals.com/index.php/JEELR/article/v...
http://digilib.uin-suka.ac.id/25280
37 2016 The New Paradigm of Tolerance-Character Building Based On Multiculturalism Through Religion Education dalam IOSR Journals. Tingkat Internasional. Diterbitkan oleh IOSR-JRME.
http://www.iosrjournals.org/iosr-jrme/papers/Vol-6%20Issue-6...
http://digilib.uin-suka.ac.id/25326
38 2015 Implementasi Multiple Intelligences dalam Pendidikan Dasar dalam Al-Bidayah. Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Program Studi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yk.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/albidayah/...
http://digilib.uin-suka.ac.id/25304
39 2015 The Correlation of Students’ Character with Scientific Learning Skill (Study on Basic School in Indonesia). dalam IOSR Journals. Tingkat Internasional. Diterbitkan oleh IOSR-JRME.
http://www.iosrjournals.org/iosr-jrme/papers/Vol-5_Issue-3/V...
http://digilib.uin-suka.ac.id/25279

# TAHUN KARYA
Mengedit / menyunting karya ilmiah
1 2015 Antologi Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar sebagai Basis Membangun Karakter Berbangsa.

# TAHUN KARYA
Hak Cipta
1 2020 MODEL MANAJEMEN 'FLEKSIBEL' PENDIDIKAN PROFESI GURU DI INDONESIA. Diterbitkan oleh KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM.
http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41034
2 2017 Integrasi-Interkoneksi Ilmu dan Agama. Diterbitkan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual u.b. Direktur Hak Cipta dan Desain Industri, Hak Kekayaan Intelektual (HKI).
http://digilib.uin-suka.ac.id/31502
3 2016 Revolusi Moral (Penulis pertama dari 3 orang) . Diterbitkan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.
http://digilib.uin-suka.ac.id/31504
4 2015 Model Pendidikan Profesi Guru Fungsional dan Klinik Pendidikan. Diterbitkan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.
http://digilib.uin-suka.ac.id/31503
Paten
5 2020 MODEL MANAJEMEN “FLEKSIBEL” PENDIDIKAN PROFESI GURU DI INDONESIA (SEBUAH MODEL HIPOTETIK .
http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41034

# TAHUN KARYA
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
1 2024 Worshop motivasi peningkatan kerja guru (Terjadwal < 1 semester).
2 2023 Narasumber (Terjadwal < 1 semester).
3 2022 Pengabdian masyrakat (Terjadwal ≥ 1 semester).
4 2021 Training bagi guru di PAUD Harum (Insidental).
5 2021 Komite Pendidikan di SD N Pundong Sleman (Insidental).
6 2020 Training Worshop KKNI (Insidental).
7 2020 Pembinaan Dan Penyelengaraan kegiatan PIAUD HARUM (Insidental).
Memberi pelayanan kepada masyarakat
8 2024 Keynote Speaker dalam acara Seminar Nasional Pendidikan Islam dengan tema "Transformasi Pendidikan Era digital berbasis Kolaboratif dan Interaktif (Bidang keahlian).